Angka 69, Nicky Hayden Resmi Tidak Digunakan Lagi!

Spread the love

MotoGP – Nomor 69 yang menjadi angka keramat bagi legenda MotoGP, Nicky Hayden, secara resmi akan dipensiunkan. Upacara menutup nomor milik Hayden berlangsung di Sirkuit Austin, Amerika Serikat, pada hari Jumat 13 April 2019 kemarin.

Pada perayaan yang juga sekaligus dengan MotoGP Amerika Serikat ini juga mendatangkan keluarga Nicky Hayden seperti sang ayah, Earl, Tommy sang kakak dan juga tunangan Hayden, Jackie Marin.

“Nomor 69 yang digunakan tersebut merupakan nomor spesial yang berada dalam keluarga kami. Ketika ayah saya melakukan balapan selalu menggunakan nomor itu dan kami selalu balapan dengan nomor tersebut,” ungkap Tommy.

“Nicky membawa nomor itu dalam kelangsungan kariernya, sehingga memiliki banyak makna. Dengan nomor ini dipensiunkan dari MotoGP dalam dunia balapan tersebut, maka itu sangat berarti bagi kami. Itu menjadi warisan yang masi tetap hidup dari Nicky,” tambahnya.

Nicky Hayden memulai kariernya di dunia MotoGP pada tahun 2003 bersama tim Repsol Honda. Selama enam musim dalam dengan Honda, Hayden sukses mendapatkan penghargaan juara dunia MotoGP pada tahun 2006 silam.

Setelah memilih untuk pindah dari Repsol Honda, Pembalap dengan julukan The Kentucky Kid itu semat bergabung dengan Ducati di tahun 2009 hingga 2013. Sayangnya, kiprah Nicky Hayden semakin memburuk sehigga membuatnya untuk memperkuat tim satelit Honda hingga 2015.

Selanjutnya ia mengambil jalan untuk pindah ke World Superbike (WSBK) pada musim 2015. Akan tetapi, karier Hayden di Superbike tidak bisa bertahan cukup lama. Setelah terjadi insiden yang membuatnya harus meninggal pada usia 35 tahun ketika sepeda yang ia kendarai tertabrak mobil di Rimini, Italia.

Memang sejak awal, setelah kami harus kehilangan Nicky Hayden, kami sempat berpikir bahwa sesuatau yang harus kami perbuatan bagi dia, karena ia adalah orang yang sangat spesial bagi kita semua,” ucap CEO Dorna Sports SL, Carmelo Ezpeleta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *