Diterpa Cedera Beruntun, Jorge Lorenzo Berpeluang Pensiun Dari MotoGP Akhir Musim Ini

Hupelita.com – Jorge Lorenzo, Pembalap Repsol Honda yang dikabarkan tengah memutuskan niatnya untuk menghentikan kiprahnya dalam kompetisi MotoGP pada akhir musim ini. Menyusul kondisinya yang sering alami cedera.

Pemenang MotoGP Dunia sebanyak tiga kali itu, terpaksa ditukar oleh pembalap uji coba Repsol Honda, Stefan Bradl untuk menjalankan tugasnya dalam balapan yang berlangsung di Sirkuit Sachsenring, Minggu (07/07/19) kemarin.

Baca juga: Marc Marquez Enggan Remehkan Vinales Dan Quartararo Di Fase Kedua MotoGP 2019

Mangkirnya, Lorenzo dalam lanjutan MotoGP Jerman tersebut. Diyakini oleh cedera yang sebelumnya ia dapatkan ketika menjalani balapan di MotoGP Belanda 2019 sebelumnya.

Diketahui, selama 12 bulan belakangan ini Lorenzo harus absen dari lima seri balapan akibat cedera yang dialaminya. Kini dirinya tengah memasuki masa pemulihan untuk cedera retak dibagian tulang vertebra dan dimungkinkan untuk mengaspal kembali dalam kompetisi MotoGP Republik Ceko yang akan diselenggarakan, 04 Agustus mendatang.

Sementara itu, X-Fuera sempat mengalami cedera retak tulang engkel di ajangan MotoGP Aragon musim lalu, cedera pergelangan kiri di MotoGP Thailand. Lorenzo juga mengalami cedera di tulang scaphoid yang membuatnya absen di tes pramusim MotoGP 2019 pada Januari dan Februari. Sementara di MotoGP Qatar musim ini, Lorenzo mengalami cedera tulang rusuk.

Hal itu memunculkan banyak spekulasi yang mengatakan bahwa Lorenzo tengah dalam kondisi bimbang dalam kelanjutan kiprahnya dan berpeluang untuk berhenti dari MotoGP.

Terdapat dua alasan yang memberikan kesempatan bagi pembalap asal Spanyol itu memilih untuk keluar dari kompetisi yang membuat namanya terkenal sejak 2002 silam.

Mengalami cedera beruntun yang tidak kunjung berakhir mungkin bisa menjadi alasan pertama bagi Lorenzo. rekan setim dari Marc Marquez itu membutuhkan waktu istirahat yang cukup panjang demi memulihkan kondisinya sepenuhnya. Tapi hal itu tidak mungkin didapatkan Lorenzo yang masih terikat kontrak hingga musim depan dengan pabrikan Honda.

Adapun yang menilai bahwa Lorenzo mengalami kesulitan untuk mengimbangi performa dari Marc Marquez yang terus tampil dengan konsisten di puncak klasemen MotoGP 2019 sementara. Ditambah lagi Marquez menjuarai MotoGP Jerman sebelumnya yang membuatnya mampu untuk membuka jarak sebesar 58 poin dengan Andrea Dovizoso untuk fase pertama.

Selain itu, prestasi Lorenzo memang tampak menurun secara drastis. Setelah dirinya memutuskan untuk pergi dari Yamaha pada musim 2016 silam. Bergabung bersama Ducati selama dua musim dan ditambah dengan musim ini yang belum mencatatkan hasil yang baik dengan masuk keurutan sepuluh besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *