Komite MotoGP Bakal Larang Area Abu-Abu Aerodinamis Ditahun 2020 Mendatang

Hupelita.com – Peraturan baru kali ini berhubungan dengan area abu-abu yang terdapat dalam aturan sebelumnya, dimana pihak panitia MotoGP berencana untuk merevisi aturan aerodinamis yang akan diterapkan pada musim medatang.

Seperti yang diharapkan sebelumnya, akhirnya pihak komite dari balapan motor bergengsi di dunia itu memutuskan untuk menyetujui aturan aerodinamika yang lebih diperketat untuk tahun 2020.

Setelah adanya protes dari empat pabrikan terkait dengan penggunaan pendingin ban yang digunakan oleh pihak Ducati sejak pembukaan musim di Seri Qatar.

Baca juga: Harry Maguire Bersiap Gabung Manchester United, Biaya Disanter Mencapai 80 Juta Poundsterling

Sementara untuk kompenen memang diminta untuk mengikuti peraturan yang ada dengan seminimal mungkin. Aturan itu tergantung pada Direktur Teknis, Danny Aldridge yang memiliki hak untuk keputusan akhir mengenai bagian aerodinamika itu dan membuat kasus seperti ini membutuhkan peraturan yang lebih detil.

Daerah abu-abu sebelumnya memang sudah diatasi, walaupun belum ada pengumuman secara tertulis untuk aturan terbaru itu. Dengan demikian masih tidak jelas apakah semua rancangan fairing saat ini, ditambah pendingin ban dan penutup roda akan tepat di izinkan untuk musim 2020 nanti.

“Setelah melakukan pertemuan secara mendalam dengan seluruh pabrikan yang berpartisipasi dalam kompetisi MotoGP, Komite sudah memperbaiki dan memperbaruhi semua peraturan yang berhubungan dengan rangka Aero Body,” ungkap FIM.

Peraturan baru tersebut membicarkan area abu-abu dari peraturan sebelumnya dan juga termasuk sesuai dengan spesifik dari Direktur Teknis Pedoman Desain Aero Body.

“Permohonan telah disampaikan oleh Direktur Teknis dengan melakukan pertemuan bersama FIM dan persetujuan dari pabrik karena telah disetujui oleh panitia balapan.

Pabrikan memiliki waktu hingga acara perdana untuk tahun 2020 dengan mendesain kompenen Aero Boy mereka hingga peraturan baru diterapkan.

Aturan yang ada menjelaskan Aero Body sebagai bagian dari bodywork sepeda motor yang secara langsung dipengaruhi oleh aliran udara saat sepeda motor bergerak maju, dan tidak di bangun (yaitu ‘bayangan’ aerodinamis) dari pengendara. tubuh atau bagian tubuh sepeda motor lainnya.

“Karena itu Aero Body terdiri dari dua komponen terpisah: Front Fairing dan Front Fender (Mudguard).”

Selain itu para pembalap hanya dibolehkan sekali untuk melakukan pembaruhan desain fairing dan fender selama musim balapan digelar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *