Sukses Tampil Spektakuler Fabio Quartararo Dapatkan Sanjungan dari Kedua Seniornya

Spread the love

MotoGP – Pembalap Rookie dari tim Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo sukses tampil spektakuler dalam kompetisi lanjutan MotoGP Spanyol pada pekan lalu. Dari aksi yang memukau tersebut, dirinya mendapatkan sanjungan secara langsung dari kedua seniornya yang berada di tim Monster Energy Yamaha.

Fabio Quartararo, yang berhasil merebut pole position yang membuat dirinya dinobatkan sebagai pembalap termuda dalam sejarah yang pernah meraih posisi start terdepan tersebut.

Baca juga: Fabio Quartararo Kecewa Setelah Dirinya Batal Selesaikan Balapan Di Jerez

Pembalap berusia 20 tahun itu, terpaksa kecewa setelah tidak bisa menyelesaikan balapan pada lap ke-14 setelah motor yang digunakan oleh Quartararo mengalami masalah teknis. Ia dikethaui sempata bersaing secara ketat dengan pembalap papan atas yang membuat dirinya berkesempatan untuk berdiri di atas podium perdana bagi dirinya.

Mengenai prestasi gemilang yang didapatkan oleh Quartararo membuat Rossi teringat dengan salah satu mantan dari pembalap Tech 3, Johann Zarco yang lebih cepat dalam beberapa sesi balapan di depan pabrikan Yamaha.

“Saya melihat dalam dua tahun belakangan, kami tengah berada dalam masalah kompenen baru yang disediakan oleh Yamaha,” ungkap Rossi.

“Zarco menggunakan motor yang lebih tua yang seringkali melampaui kecepatan kami. Karena dirinya juga seorang pembalap tercepat. Terkadang juga karena kompenen motor lama lebih baik ketimbang yang baru.

“Saat ini saya merasa keadaan lebih jelas bagi semua orang dan motornya sangat mirip. Saya kira, bahwa minggu ini, pembalap membuat perbedaan, karena Quartararo selalu sangat, sangat cepat. Dia tampil dengan spektakuler.

“Jika saja tidak ada masalah teknis pada motornya, mungkin dia bisa menyelesaikan balapan dengan menempati posisi kedua.  Pembalap Yamaha terbaik. Kedua atau ketiga. Dia jauh di depan dan saya tidak bisa jelas melihatnya.

“Itu bagus, dan akan sulit saya pikir untuk mengalahkan dia di masa depan. Situasinya sekarang lebih [jelas] – motornya sama. Jadi, lebih mudah untuk dikembangkan.”

Jawaban yang sama juga diberikan oleh Maverick Vinales yang mengatakan bahwa Quartararo tampil dengan memukau.

“Jujur saja, ini adalah lintasan terberat bagi kami terutama untuk tim Yamaha, namun dia berhasil mengebut dengan cepat dan stabil sepanjang akhir pekan.

“Itu menjadi penanda bahwa dia benar-benar bagus. Sangat baik bagi tim kami dalam memahami motor dengan memiliki seorang pembalap seperti Quartararo.

Ditanya apa perbedaan yang terlihat dari YZR-M1 milik Petronas Yamaha SRT, mengingat saat balapan berada di belakang Morbidelli dan Quartararo, Vinales menjawab: “Tidak [ada]. Jujur, motornya benar-benar mirip [dengan pabrikan].

“Di awal balapan, saya mencoba sedikit lebih smooth pada akselerasi. Jadi begitu bannya habis, saya bisa sedikit lebih cepat.

“Tapi bagaimanapun, mereka menunjukkan kecepatan yang sangat baik di lap pertama – ini [menunjukkan] banyak hal [yang harus] dipahami dan ditingkatkan, tentang tim satelit. Penting bahwa sekarang Fabio dan Franco itu cepat, karena kami punya lebih banyak data untuk diperiksa.”

RelatedPost

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *