Valentino Rossi Pertimbangkan Untuk Pensiun Dari MotoGP Di Akhir Musim Ini

Hupelita.com – Baru-baru ini beredar rumor yang tengah hangat menjadi perbincangan publik. Berhubungan dengan keinginan dari pembalap anyaran dari tim Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi yang berniat gantung helm dari MotoGP.

Hal itu diketahui, setelah The Doctor tampil kurang impresif bersama Yamaha dalam beberapa seri MotoGP sebelumnya untuk musim ini.

Alasan dibalik rencananya untuk pensiun dari kompetisi bergengsi balapan motor di dunia, dilatarbelakangi oleh gagalnya meraih gelar juara dalam dua musim belakangan dan ditambah dengan hasil yang buruk dalam paruh pertama MotoGP 2019 dengan tertinggal 105 dari pebalap andalan Respol Honda, Marc Marquez.

Baca juga: Memuncaki Fase Pertama MotoGP, Marc Marquez Berpeluang Kembali Juara

Di awal musim ini, sebenarnya Rossi sempat memberikan kepercayaan yang dianggap menjadi salah satu calon juara usai menyentuh podium runner-up di seri MotoGP Argentina dan Amerika serikat.

Tetapi seiring berjalannya pergelaran musim yang membuat dirinya semakin terpuruk. Dengan batal menyentuh garis finis di tiga seri sebelumnya yaitu Italia, Catalunya dan Belanda serta menduduki posisi kedelapan dalam MotoGP Jerman.

Membuat Rossi terlempar keurutan keenam dalam klasemen MotoGP 2019 dengan meraih 80 poin. Tentunya pembalap berusia 40 tahun itu tertinggal jauh di belakang Marquez yang menjadi pemimpin puncak sementara.

Dibandingkan dengan Maverick Vinales dan Fabio Quartararo, yang membuat Valentino Rossi menjadi pembalap ketiga terbaik dari tim Yamaha. Apalagi dengan potensi Quartararo yang semakin berada di atas dari Rossi.

Pebalap dari tim uji coba Yamaha itu, sukses meraih pole position sebanyak tiga kali dalam musim ini. Ia juga berdiri di atas podium untuk seri MotoGP Catalunya dan Belanda.

Sementara untuk Vinales menjadi satu-satunya pebalap yang berhasil meraih kemenangan hingga paruh musim ini setelah mengungguli Marc Marquez di MotoGP Belanda.

Desakan agar Rossi pensiun dari MotoGP sudah muncul dalam beberapa musim terakhir. Terakhir legenda asal Italia yang memegang rekor gelar juara dunia Grand Prix sepeda motor, Giacomo Agostini, menyarankan Rossi untuk pensiun.

“Rossi coba melakukan yang dia bisa, tapi dia sudah habis dan ini menciptakan persoalan baginya. Rossi sudah mencapai banyak hal, namun tahun-tahun itu telah berlalu. Maradona, Muhammad Ali, Eddy Merckx [legenda sepeda] sudah lewat masanya. Begitu pula saya. Jika tidak, saya pasti masih balapan,” ujar Agostini.

Sepuluh balapan tersisa musim ini akan menjadi penentu bagi Rossi dalam mengambil keputusan. Mantan pebalap Ducati dan Honda itu tidak memungkiri jika penampilannya terus tidak kompetitif hingga akhir musim ini maka pensiun dari MotoGP akan menjadi pilihan yang tepat meski masih memiliki kontrak dengan Yamaha hingga 2020.

“Ada beberapa hal yang hanya bisa saya rasakan dan saya akan tahu momen ketika saya tak lagi menginginkan balapan. Ada banyak hal yang tentunya bergantung pada hasil, jadi jika ketika Yamaha tak mampu menemukan solusi, maka terus melanjutkan [karier] kemungkinan hanya akan jadi masalah,” kata Rossi.

Sulit membayangkan apa jadinya MotoGP tanpa Rossi, yang sudah menghiasi balap motor Grand Prix sejak 1996. Bahkan pihak Dorna Sports selaku pengelola MotoGP juga tidak bisa membayangkan MotoGP tanpa Rossi dan masih berharap The Doctor bisa terus berkutat di sekitar MotoGP setelah pensiun.

Andai Rossi benar-benar memutuskan pensiun dari MotoGP akhir musim ini, maka kita tinggal punya sepuluh seri balapan untuk bisa menikmati aksi The Doctor di pengujung kariernya. Sebuah aksi yang mungkin akan kita rindukan nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *